Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup
..::Selamat Datang di Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup::.. .:: Dikarenakan Alasan Teknis, Sementara Waktu http://ppejawa.menlh.go.id belum bisa dioperasikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini ::..

Menlh meresmikan Bank Sampah dan Biogas

11 Maret 2013 - 16:16:13 - Hits : 666 - Posted by sugeng

Menlh meresmikan Bank Sampah dan Biogas

Kunjungan Kerja Menteri Lingkungan Hidup ke Surabaya dan Malang

Ppejawa.com, Malang (9/03). Menteri Lingkungan Hidup, Prof.Dr.Balthasar Kambuaya,MBA hari jum’at tanggal 8 Maret 2013 meresmikan TPS 3R  Kelurahan Sutorejo dan Bank sampah Jambangan. Dalam sambutannya disampaikan masyarakat sangat berperan dalam menjaga kotanya menjadi kota bersih impian semua orang sesuai hak masyarakat sebagai warga negara. Perwujudan dari kota yang bersih akan berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan, perekonomian, maupun kesejahteraan masyarakat. Untuk itu masalah sampah perkotaan harus terkelola dengan baik.

Pada kesempatan ini walikota surabaya dan perwakilan dari pemerintah kota Kitakyushu memberi sambutan pada peresmian TPS 3R di Sutorejo. Pembentukan TPS 3R di Kelurahan Sutorejo merupakan hasil kerjasama antara pemerintah daerah Kota Surabaya dan Pemerintah Kota Kitakyushu sebagai aksi nyata dalam upaya pengelolaan sampah. Prinsip 3R (Reuse,reduce,recycle) menjadi salah satu solusi mengolah sampah menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi sumber listrik. Dengan 3R terjadi upaya pengurangan ekstraksi sumberdaya karena bahan baku dapat terpenuhi dari sampah yang didaur ulang dan diguna ulang. Dari sisi lingkungan, penerapan 3R merupakan langkah nyata upaya pengendalian dan pencemaran lingkungan karena dengan melakukan 3R maka akan menjadi pengurangan beban pencemar baik ke air, tanah maupun udara. Sesuai komitmen pemerintah untuk menurunkan emisi GRK sebesar 26% pada tahun 2020, sektor limbah dan sampah ditargetkan menurunkan emisi GRK sekitar 6,1%. Guna melakukan pengurangan sampah minimal sebesar 7% melalui kegiatan 3R.

Setelah melakukan peresmian TPS 3R di Kelurahan Sutorejo dan Bank sampah Jambangan Surabaya, melanjutkan ke Kota Apel yaitu Kota Malang. Tiba di Kota Malang, Menteri Lingkungan Hidup beserta rombongan diterima oleh Walikota Malang, Peni Suparto beserta jajaran pemerintah kota Malang acara ramah tamah. Dilanjutkan peresmian TPA Supit Urang Kota Malang. pengelolaan sampah di TPA Supit Urang mendapat pujian Menteri Lingkungan Hidup,Prof. Dr.Balthasar Kambuaya. Pujian itu dilontarkan lantaran Pemkot Malang dinilai berhasil mengolah sampah menjadi gas metan.

Di TPA Supit Urang ini pemanfaatan gas metannya sangat besar sehingga bisa dimanfaatkan banyak warga,” ujar Balthasar Kambuaya usai meresmikan penggunaan instalasi gas metan di TPA Supit Urang.

Hadir dalam peresmian tersebut adalah walikota Malang Peni Suparto, Komisaris Kader Lingkungan Heri Pudji Utami, Sekkota Malang Shofwan, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang Wasto dan Seluruh kader lingkungan di Kota Malang.
Dengan adanya pengolahan sampah menjadi gas metan, Balthasar Kambuaya menilai Pemkot Malang berperan penting dalam pengembangan green city.

Walikota Malang Peni Suparto memaparkan volume seluruh sampah Kota Malang sekitar 607 ton perhari. Sekitar 420 ton perhari diangkut ke TPA Supit Urang, sedangkan sisanya dikelola masyarakat, sampah tersebut dibuat kompos dan sebagian untuk kerajinan, ujar Peni Suparto.
Ke depan, walikota Malang akan terus mengembangan pemanfaatan gas metan untuk warga, misalnya dibuat stasiun pengisian bahan gas metan. Warga yang ingin mengambil gas metan dipersilahkan datang ke TPA tanpa dipungut biaya.

Setelah acara peresmian TPA Supit Urang selesai, Menteri Lingkungan Hidup menuju SMA 10 Malang. Dimana Menteri Lingkungan Hidup meresmikan pemanfaatan biogas dari sistem pengolah tinja berupa bak an aerob dilokasi asrama siswa SMA 10 Malang. biogas dihasilkan dari bak biodigester buangan tinja dari asrama siswa yang di huni oleh 105 siswa. Saat ini sudah dapat menghasilkan biogas sebesar 1,4 kg/hr, dan dapat dimanfaatkan sebagai energi untuk memasak selama 4 jam perhari.( Narso/Sugeng/Dadang)

Informasi Lebih Lanjut :
Wirjono Kabid Inventarisasi dan Pengembangan Sistem Informasi LH PPEJ, Telp. 0274-625800
email : publikasi@ppejawa.com; forum.ppej@gmail.com


Info Terkait :


Tinggalkan Komentar

146 + 5 =


  • Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup
    Jl. Ringroad Barat No. 100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
    Phone. 0274-625800, 0274-625811
    Fax. 0274-620702, 0274-620799
    publikasi@ppejawa.com