Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup
..::Selamat Datang di Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup::.. .:: Dikarenakan Alasan Teknis, Sementara Waktu http://ppejawa.menlh.go.id belum bisa dioperasikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini ::..

Persiapan pelaksanaan PIH

18 Oktober 2012 - 00:51:14 - Hits : 697 - Posted by sugeng

Persiapan pelaksanaan PIH

Program Pengembangan Infrastruktur Hijau

ppejawa.com(18/10) Surakarta. 11 s.d 12 Oktober lalu, PPEJAWA melaksanakan pertemuan koordinasi persiapan pelaksanaan pengembangan infrastruktur hijau (PIH) di Hotel Sunan Surakarta. Pertemuan saat itu, dihadiri oleh 41 BLH Kab./Kota dan 6 BLH Provinsi se-Jawa. Hadir pada pertemuan tersebut Inspektorat KLH, Konsultan Perencana Biogas, Mangrove dan Penghijauan. Pertemuan dibuka langsung oleh Kepala PPEJ (Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa) Barlin, SH, MS.

Pada acara tersebut, Barlin menyampaikan perkembangan pelaksanaan PIH, antara lain proses pelaksanaan beberapa pelelangan di LPSE DIY maupun persiapan tim pelaksana kegiatan PIH di 41 Kab./Kota. "Beberapa pelelangan sudah ditetapkan pemenangnya, yaitu Penanaman pohon, mangrove, Biogas Tinja dan Biogas Ternak. Sedangkan pelelangan sosialisasi sementara waktu masih melewati masa sanggah, dan dalam beberapa hari kedepan akan ditetapkan pemenang. Lain halnya dengan pelelangan sarana Bank Sampah yang harus melalui lelang ulang (lelang kedua) dikarenakan tidak adanya penawar, dan saat ini sedang dilakukan evaluasi penawaran." kata Barlin dalam sambutannya.

Memasuki sesi kedua, peserta dibagi menjadi 2 kelompok rungan terpisah. Kelompok satu, membahas Biogas (tinja dan ternak), Bank Sampah dan pelaksanaan sosialisasi/kampanye. Kelompok dua membahas rencana pelaksanaan penanaman pohon penghijauan dan mangrove.

Setyo Winarso Kepala Bidang PPR dan SDA PPEJ menambahkan bahwa mulai 15 Oktober 2012, akan dilakukan pelatihan Bank Sampah di 53 lokasi. Setyo juga mengingatkan, bahwa tim yang akan mendukung pelaksanaan pelatihan sampah terdiri dari unsur PPEJ, Sukunan (pengomposan), Bank Sampah Badegan (pengelolaan bank sampah) dan LSM Lestari (kreasi sampah).

Sementara itu, Sugeng Wachyono Kasubid PSILH menyampaikan bahwa pelaksanaan sosialisasi/kampanye PIH direncanakan 5 Nopember s.d 6 Desember 2012 di 41 Kab./Kota. Ikon yang diusung dalam kampanye mendatang adalah Ketahanan Pangan Berbasis Budidaya Lingkungan Sekitar. Ini diharapkan mampu memberikan motivasi gerakan sosial terhadap pemanfaatan lingkungan (pohon, mangrove, ternak, tinja dan sampah) menjadi sumberdaya dalam menciptakan penghasilan bagi setiap keluarga. (sugeng/12036)

 

Untuk Informasi Lebih Lanjut:
1. Setyo Winarso Kepala Bidang Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Sumber Daya Alam PPEJ
2. Wirjono Kepala Bidang Inventarisasi dan Pengembangan Sistem Informasi Lingkungan Hidup PPEJ
    Telp. 0274-625800, 625811, email : publikasi@ppejawa.com


Info Terkait :


Tinggalkan Komentar

156 + 9 =


  • Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup
    Jl. Ringroad Barat No. 100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
    Phone. 0274-625800, 0274-625811
    Fax. 0274-620702, 0274-620799
    publikasi@ppejawa.com