Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup
..::Selamat Datang di Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup::.. .:: Dikarenakan Alasan Teknis, Sementara Waktu http://ppejawa.menlh.go.id belum bisa dioperasikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini ::..

Kajian Daya Dukung dan Daya Tampung DAS Bengawasan Solo Hulu

23 Juni 2012 - 16:07:08 - Hits : 1992 - Posted by admin

Kajian Daya Dukung dan Daya Tampung DAS Bengawasan Solo Hulu

 Kajian Daya Dukung dan Daya Tampung DAS Bengawan Solo Hulu

  1. Perhitungan daya dukung lingkungan DAS Bengawan Solo Hulu, meliputi perhitungan kapasitas penyediaan (supportive capacity) dan kapasitas tampung limbah (assimilative capacity). Kapasitas penyediaan diukur dengan 3 pendekatan, yaitu : daya dukung bioekologi, daya dukung air dan daya dukung lahan pertanian. Sedangkan kapasitas tampung limbah diukur dengan pendekatan daya tampung beban pencemar dengan model QUAL2Kw.
  2. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa nilai daya dukung bioekologi DAS Bengawan Solo Hulu adalah 0,4550 dan telah mengalami defisit sumberdaya lahan sebesar 0,164 hektar global/kapita. Nilai tersebut menunjukkan bahwa sumberdaya lahan yang tersedia dan penggunaan lahan yang ada sekarang belum mampu memenuhi kebutuhan penduduk di sekitarnya dan untuk dapat hidup layak setiap penduduk di wilayah DAS Bengawan Solo Hulu masih membutuhkan tambahan lahan seluas 0,164 hektar global.
  3. Hasil pengukuran daya dukung air menunjukkan bahwa semua kabupaten/kota mengalami defisit air. Hal ini menunjukkan bahwa potensi air yang dapat dikonsumsi (potensi air tanah) tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang ada.
  4. Hasil pengukuran daya dukung lahan pertanian menunjukkan bahwa seluruh kabupaten/kota juga mengalami defisit. Hal ini menunjukkan bahwa produksi lahan pertanian yang ada di wilayah DAS Bengawan Solo Hulu sudah tidak mampu mendukung kebutuhan pangan penduduk di sekitarnya sehingga membutuhkan pasokan dari luar.
  5. Hasil perhitungan daya tampung beban pencemar menunjukkan bahwa beban pencemaran BOD di sepanjang DAS Bengawan Solo Hulu adalah sebesar 28,10 ton/jam, sedangkan daya tampung beban pencemarannya adalah sebesar 11,71 ton/jam. Nilai beban pencemaran BOD melebihi daya tampung beban pencemarannya, sehingga jumlah beban pencemaran yang harus diturunkan adalah sebesar 16,44 ton/jam. Berdasarkan sumber pencemarnya, maka beban pencemaran BOD yang berasal dari kegiatan-kegiatan yang termasuk sumber pencemar tertentu harus diturunkan sebanyak  12,13 ton/jam, sedangkan sisanya sebanyak 4,21 ton/jam adalah yang berasal dari sumber pencemar tak tentu. Sedangkan, beban pencemaran COD di sepanjang DAS Bengawan Solo Hulu adalah sebesar 145,63 ton/jam, sedangkan daya tampung beban pencemarannya adalah sebesar 101,50 ton/jam. Nilai beban pencemaran COD secara keseluruhan juga melebihi daya tampung pencemarannya, sehingga jumlah beban pencemaran yang harus diturunkan adalah sebesar 44,13 ton/jam. Berdasarkan sumber pencemarnya, maka hanya beban pencemaran COD yang berasal dari kegiatan-kegiatan yang termasuk sumber pencemar tertentu harus diturunkan yaitu sebanyak  50,54 ton/jam; akan tetapi, untuk beban pencemar COD yang berasal dari sumber pencemar tertentu masih memenuhi daya tampung beban pencemarannya atau masih bisa menampung beban pencemaran sebanyak 6,42 ton/jam.
  6. Berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya dukung lingkungan di DAS Bengawan Solo hulu antara lain : optimalisasi pengelolaan sumber daya air, optimalisasi lahan, penataan kelembagaan, dan arahan kebijakan pengelolaan sumber daya alam.

Tabel tingkat defisit Sumberdaya Lahan Wilayah DAS Bengawan Solo Hulu



Tabel
klas Daya Dukung Bioekologi menurut desa pada masing-masing kabupaten/kota

 

Sumber : Laporan Kajian PPEJ 2011

 
Untuk Informasi Lebih Lanjut:
1. Setyo Winarso Kepala Bidang PPR dan SDA PPEJ Telp. 0274-625800, 625811,
2. Eldie Triningsih Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas PPEJ Telp. 0274-625800, 625811,
email : publikasi@ppejawa.com; publikasi_ppej@yahoo.co.id


Info Terkait :

  • Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa - Kementerian Lingkungan Hidup
    Jl. Ringroad Barat No. 100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
    Phone. 0274-625800, 0274-625811
    Fax. 0274-620702, 0274-620799
    publikasi@ppejawa.com